Thursday, May 10, 2018

Deklarasi GenPI Bengkulu, Laskar Terdepan Promosikan Pariwisata Bengkulu


Halo, cik sanak segalo!*

Selasa tanggal 8 Mei kemarin bertempat di Hotel Nala Sea Side Kota Bengkulu, sukses dihelat acara Deklarasi GenPI Provinsi Bengkulu. Tapi tunggu dulu, apa sih GenPI itu?

GenPI atau Generasi Pesona Indonesia adalah sebuah komunitas untuk mewadahi para netizen yang menyukai pariwisata, termasuk di dalamnya adalah para blogger, vlogger, penggiat wisata, dan penggiat medsos. Sebagai barisan terdepan promosi wisata dengan dunia digital, GenPI akan membantu menarik perhatian para pelancong secara online dan offline. Komunitas GenPI berada di bawah dan dibentuk langsung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. GenPI ini bersifat sebagai volunteering alias relawan, jadi kita bekerja tanpa dibayar ya guys.

Hah? Ga dibayar? Malesin banget ih.
Duh, gini ya. Sebagai generasi micin eh maksudnya generasi zaman now yang tidak bisa jauh-jauh dari sosial media, sudah bisa dipastikan kita sering berbagi banyak hal melalui sosmed ini. Apalagi yang sering foto-foto di lokasi pariwisata atau sering nge-vlog tentang makanan suatu daerah misalnya. Pas banget kan buat kamu? Kalau bukan kita generasi muda yang bergerak dan membantu mempromosikan pariwisata daerah kita, siapa lagi?

GenPI Bengkulu patut berbangga, karena deklarasi peresmian dari pembentukannya disaksikan langsung oleh Mansyur Ebo selaku ketua GenPI nasional. Kak Ebo berperan langsung untuk membacakan naskah deklarasi dan mengalungkan syal kain besurek sebagai simbol khas pengukuhan pengurus GenPI Bengkulu.

Bloger Rafflesia pun patut berbangga loh guys, karena GenPI Bengkulu pada dasarnya berawal dari obrolan receh kami, mempertanyakan ketiadaan komunitas yang dapat mewadahi semua penggiat pariwisata Bengkulu. Dari obrolan-obrolan receh tersebut, kami mulai bergerak mengajak berbagai komunitas untuk bergabung membentuk GenPI regional Bengkulu serta tidak lupa pula menggandeng dan disambut baik oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu.

Pada struktur organisasi GenPI Bengkulu ini, ada sembilan jabatan yang dikukuhkan, antara lain Ketua Umum: Abdul Khafi Syatra; Sekretaris Jenderal: Ria Kurniasih; Sekretaris Umum: Komi Kendy; Bendahara Umum: Ambar Pravitasari; Ketua Harian: Muchamad Mansur; Ketua Divisi Organisasi dan Keanggotaan: Riko Serasi; Ketua Divisi Online: Anindita Ayu Prastiwi; Ketua Divisi Offline: Relinda Puspita; Ketua Divisi Kreatif & Desain Grafis: Andika Nugraha; dan Ketua Divisi Humas & Litbang: Arie Saputra Wijaya.

Bengkulu sendiri menjadi provinsi ke-22 di Indonesia yang membentuk GenPI. Pada deklarasinya, hadir Pak Yudi Satria selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dan Ibu Misriani selaku Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu. Tidak kurang ada tiga ratus mahasiswa dari berbagai universitas di Bengkulu menghadiri undangan acara Pariwisata Goes To Campus dan Deklarasi GenPI Bengkulu ini.

Bengkulu memiliki kekayaan alam, festival wisata, kuliner khas yang sepatutnya kita gaungkan namanya menuju kancah nasional. Terutama menuju Visit Bengkulu 2020 ini, komunitas GenPI memang telah diminta segera beraksi mempromosikan pariwisata Bengkulu dan membentuk pasar digital seperti daerah-daerah lainnya.

Salah satu kegiatan GenPI adalah nge-tweet bareng dan goal-nya adalah Trending Topic. Untuk acara deklarasi kemaren ini, hastag yang digunakan adalah #WelcomeGenpiBengkulu dan kita sudah membuktikan bahwa kita mampu menembus Trending Topic pertama gaes. Dengan begitu gaung pariwisata Bengkulu dapat terdengar di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Selain twitter, kita juga menggunakan media instagram dan facebook juga ya.

Yuk kita bersama-sama memajukan pariwisata Bengkulu. Kalau bukan kita yang bergerak, siapa lagi?

Salam Pesona Indonesia, wondeful! Salam GenPI, gaaasss!!

Oleh: Anindita Ayu Prastiwi

*saudara-saudara semua dalam bahasa Bengkulu






  1. Mantap... GenPi Bengku ayo semangat dan kompak memviralkan semua wisata Bengkulu... Gasss

    ReplyDelete

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only